Minggu, 28 Desember 2008

Hijrah,Saatnya Berubah

. Minggu, 28 Desember 2008

“Taon baru euy, taon baru…!” said Rianti ama temen-temen di kelasnya. “Lho kan udah lewat, gimana sih?!” teriak temen sekelasnya dengan kompak, dan bisa jadi itu juga yang ada di benak kamu semua. Spontan aja Rianti, yang aktif di SKI ngejawab “Taon baru Islam non, 1 Muharram, slamet ya…”.Ooo….. baru deh nyambung.

Kalo ditanya soal taon baru Islam mungkin kamu cuman tau sebatas tanggal merah di kalender. Kalo soal sejarahnya, pasti ngejawabnya agak lamaan, mikir sambil garuk-garuk kepala (gatal kali ye…), bingung ato blank sama sekali. Padahal taon baru Hijriyah adalah momen yang super penting bagi sejarah perjuangan Islam, dan prihatin banget kalo kite yang notebenenya generasi dambaan ummah ternyata jadi kuim (bukan kurang imut, tapi kurang impormasi).

Gini nih ceritanya, sekitar 1427 taon yang lalu terjadilah peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Saw bersama sahabat dari Mekkah ke Madinah. Hijrah ini dilakuin setelah turun wahyu dari Allah yaitu QS. Al Hajj 39-40. Selain itu karena dakwah Islam di Mekkah selama 13 taon nggak direspon dengan baik, padahal dakwah tersebut udah disampein semaksimal and seoptimal mungkin, tapi masyarakat Mekah tetep membeku lantaran keangkuhan bercampur kekhawatiran.

Kaum muslimin yang ketika itu belon kenal ama bajaj Bajuri, kereta api, apalagi pesawat boeing 737 yang bisa dinaikin rame-rame, harus menempuh perjalanan sejauh 500 km dengan kendaraan supercanggih, Camel bin o’on alias onta ‘n kuda. Bahkan nggak sedikit yang menempuhnya dengan Mercykil (jalan kaki, neng!). Belon lagi mereka harus lari dari kejaran kaum Quraisy yang haus darah kaum muslimin. Kebayang kan gimana susah dan berbahayanya perjalanan saat itu? Tapi semua rintangan itu sama sekali nggak menghalangi niat mereka untuk hijrah, mengikuti perintah Allah. Bahkan diriwayatkan oleh Imam Baihaqi bahwa Utsman bin Affan ra berhijrah dengan jalan kaki sambil menuntun keledai yang ditunggangi istrinya—Ruqayah binti Rasulullah SAW—yang sedang hamil. Itu tadi sekelumit gambaran betapa gigihnya perjuangan dan peristiwa hijrah.
Setelah dikau tau gimana cerita munculnya taon baru Hijriyah, mestinya terlintas tanda tanya besar di pikiran kamu. Apa yang musti disiapin buat nyambut Hijriyah? Trus abis taon baru Hijriyah mo ngapain? Gals, yang namanya taon baru Hijriyah nggak perlu diramein ama pesta apalagi pake acara tiup terompet segala. Tapi momentum itu perlu kita jadiin sebagai renungan buat ngukur keIslaman kita, sudahkah kita sesuai ama yang dicontohkan idola kita? Siapa lagi kalo bukan Baginda Rasulullah Muhammad Saw. Coz hijrah sesungguhnya bukan acara pindahan rame-rame se-RT lantaran digusur atawa banjir, tapi merupakan momentum perubahan buat ninggalin kondisi jahiliyah menuju kondisi Islami. Nah, sekarang taruh telunjuk kamu di kepala, pasang muka serius trus pikir deh, kira-kira kita udah bener-bener “hijrah” belon?

Kalo kita liat keadaan sekarang, hampir semuuuanya ato jangan-jangan kita sendiri masih jauh ama yang namanya kondisi Islami. Nggak percaya? Coba deh kita amatin, kalo cowok udah kesengsem ama cewek, banyakan yang pacaran apa ngejaga pergaulannya? Trus, kalo di mall ato tempat-tempat umum nih, kira-kira cewek (muslimah) banyak yang pake baju ketat n celana hipster apa nutupin auratnya? Atau pas Pebruari gini, pasti toko kembang ‘n pedagang coklat laris manis diserbu ama remaja-remaji yang ngerayain valentine. Betul apa betul? Dan sebenernya masih buanyak lagi fakta yang ngebeberin betapa nggak kalah jahiliyahnya kita ama masyarakat Mekkah dulu.

Lantas, what should we do? Berubah! Yup! Cuman itu jawabannya. Bukan berubah kayak power rangers tapi bener-bener berusaha buat memperbaiki diri ‘n berubah secara positif (Islam). Kalo dulu sholatnya masih bolong-bolong, coba deh dipenuhin. Nyang pakeannya pada open air alias buka-bukaan kudunya sih diganti ama yang nutupin aurat, sekalian aja pake jilbab plus kerudung (top abis), dan pasti masih banyak lagi yang bisa kamu lakuin. Alangkah baiknya lagi kalo perbaikan itu bisa ditularin ama temen-temen segank, adik, kakak, de el el, biar ke surganya bisa rame-rame, kan asyik tuh.

Trus, kapan saat yang tepat buat berubah? Pastinya, selama napas masih tersisa, jantung masih berdetak and nyawa belon dicabut, nggak boleh ada waktu yang terbuang percuma. Mo kapan lagi kalo nggak sekarang, detik ini juga! Karena kita nggak pernah tau kapan kontrak idup di kolong langit ini bakalan abis. Saat Malaikat Maut dateng nyamperin kita, nggak ada tuh tawar menawar buat maju ato mundurin barang sedetik, sebagaimana firman Allah swt dalam QS. An Nahl 49 yang artinya :”Maka apabila telah tiba ajal mereka, mereka tidak dapat meminta ditunda, meskipun sesaat dan tidak pula dapat meminta diajukan.”

It’s OK kita mo bikin planning masa depan, kayak sekolah, kuliah ato kerja, tapi dikau juga musti inga’-inga’ kalo masa depan kita yang sebenernya adalah akhirat nan abadi. Penyelamat kita hanyalah amal ibadah selama di dunia, karena Allah swt berfirman :”Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu.”(TQS. Adz Dzariyat 56). Nggak cuman sholat n puasa doang yang disebut ibadah, tapi ya bener-bener mengabdi sama Allah, ngejalanin semua perintah dan ngejauhin sejauh-jauhnya semua larangan-Nya. Termasuk diantaranya pake jilbab ‘n kerudung buat muslimah. So gals, mulai detik ini yuuk kita sama-sama benahin diri, kumpulin “bekal” sebanyak mungkin and jangan lupa ajakin temen-temen memperbanyak amal ibadah yang bakalan bikin hidup lebih hidup.



Ingin mendapatkan artikel ini langsung ke email anda? Silahkan masukan alamat email yang anda miliki di bawah ini!



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Makasih sudah memberi komentar pada tulisan ini, Semoga bisa membawa manfaat.

Mohon maaf, komentar yg isinya SPAM terpaksa saya hapus!

Baca juga yang ini
 

Pembaca Setia

Komentar

Advertise

http://bahasa-unsur.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Editing by asnur